x
K L I K L E G A L I S A S I
Apostille akta kelahiran

Seputar Apostille Akta Kelahiran dan Layanan Pengurusan Apostille Terpercaya

Istilah Apostille akta kelahiran memang masih terdengar asing di telinga sebagian masyarakat. Banyak pertanyaan yang muncul terkait apa itu apostille dan kegunaannya. Untuk mengetahui hal tersebut, berikut kami paparkan seputar sertifikat apostille.

Apa itu Apostille Akta Kelahiran?

Apostille adalah sertifikat otentikasi keabsahan awal mula dokumen disertai tanda tangan pejabat selaku orang yang mengesahkan dokumen tertentu. Dokumen yang disahkan, seperti surat kuasa, ijazah, surat kematian, akta cerai, dan akta lahir.

Pada dasarnya, apostille dan legalisasi dokumen mempunyai arti dan maksud yang sama. Keduanya memiliki arti sebagai pengesahan dokumen oleh lembaga resmi negara agar dokumen tersebut bisa diakui negara tujuan yang turut serta menjadi peserta konvensi.

Mengacu pada konvensi Den Haag XII tertanggal 5 oktober 1961, perjanjian ini akan menghapuskan kebutuhan pelegalan dokumen publik asing. Artinya, beberapa negara penandatanganan perjanjian akan menerima keabsahan dokumen asing yang seolah-olah seperti dokumen nasional. 

Apostille terdiri dari prosedur yang didasarkan pada penempatan anotasi yang terdapat pada dokumen publik dan ditempatkan oleh otoritas negara asal. Hal ini sebagai pengesahan keaslian tanda tangan dokumen untuk negara lainnya yang tergabung dalam konvensi Den Haag.

Misalnya, jika Anda memiliki akta kelahiran yang disahkan oleh otoritas Amerika, maka akta itu harus diterima sebagai dokumen sah oleh otoritas asing.

Pentingnya aposillate ada pada bagian percepatan prosedur di hadapan pemerintahan asing. Apabila sertifikasi tidak menyertakan aposillate, otomatis sertifikat tersebut tidak akan diterima. Bahkan, harus melakukan legalisasi melalui protokol yang dirasa jauh lebih rumit.

Persyaratan Pembubuhan Akta Kelahiran

Salah satu prosedur yang menjamin mobilitas internasional yaitu masih berkaitan dengan keberadaan aposillate. Sehingga hal ini penting untuk diketahui dan syarat untuk membuat Apostille akta kelahiran antara lain:

  • Tanda tangan yang dibubuhkan harus bersifat holografik. Artinya, ditulis dengan tulisan tangan.
  • Dokumen yang diposting harus asli dan bukan salinan. Meskipun dokumen salinan telah dilegalisir oleh notaris tetap tidak diperbolehkan.
  • Penerjemahan dokumen dilakukan setelah proses aposillate 

Tahapan Permohonan Apostille

Tahapan dalam proses pembuatan Apostille akta kelahiran, antara lain sebagai berikut :

  1. Pemohon mengisi formulir untuk permohonan apostille
  2. Unggah dokumen pendukung, seperti Kartu Identitas Pemohon, Surat Kuasa dan Kartu Identitas Kuasa, dan dokumen yang akan dimohonkan apostille
  3. Tunggu dokumen yang akan diverifikasi (3 hari kerja)
  4. Pemohon mendapat pemberitahuan untuk melakukan pembayaran biaya permohonan apostille
  5. Setelah pembayaran, pemohon mendapatkan pemberitahuan untuk pengambilan sertifikat apostille di kantor pusat.

Banyak terjadi kesalahan saat proses penyelidikan apostille akta kelahiran. Hal ini dikarenakan adanya kesimpangsiuran yang terjadi antara pihak penerbit dokumen dengan pihak pemohon. 

Setiap negara akan mempunyai otoritas penghasil dokumen tersebut dan otoritas berbeda yang memberikan anotasi. 

Contohnya, jika akta kelahiran di Spanyol didapatkan dari catatan sipil tempat kelahiran yang didaftarkan, maka hal itu berarti registrasi salinan yang sah dalam negeri tapi tidak sah di luar negeri.

Apostille berguna untuk mempercepat banyak prosedur di luar negeri. Di Klik Legalisasi bisa membantu Anda dalam menanggapi semua kebutuhan terkait sertifikasi ini. 

Kelebihan Layanan Apostille Klik Legalisasi

Klik Legalisasi telah berkomitmen dalam menjadikan kenyamanan dan kemudahan bagi para klien. Adapun layanan yang diberikan, yaitu :

  • Pelayanan Online
  • Gratis Konsultasi Kapan Saja
  • Dokumen Legalisasi Langsung Dikirim ke Alamat Pemohon
  • Dokumen dan Identitas Pemohon 100% terjaga

Untuk menghindari perpindahan dan antrian pada administrasi publik terkait penerbitan Apostille akta kelahiran, jangan ragu untuk menghubungi kami di https://kliklegalisasi.com

Klik Legalisasi

Leave a Comment

Konsultasi Sekarang
Tanya Langsung dengan Kami
Hai, ini Admin Klik Legalisasi Silakan bertanya mengenai layanan kami 😊